Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak

Lebar pantat, lebar tulang tapis atau lebar tulang duduk, jarak antara kedua benjolan tuber ischii kiri dan kanan. GGLC menggunakan sistem penggemukan dry lot fettening, sistem ini merupakan salah satu cara penggemukan yang mengutamakan pemberian pakan berupa konsentrat atau biji-bijian dan hijauan dengan jumlah yang terbatas Blakely, Pemilihan bangsa tergantung pada kesukaan peternak, keadaan lingkungan, kemampuan adaptasi, efisiensi produksi, kemampuan memelihara dan menyusui anak, ukuran badan, pertambahan berat badan dan sifat-sifat lain yang cocok dengan keinginan peternak.

Jumlah zat makanan yang dibutuhkan untuk hidup pokok sapi didasarkan pada bobot badan. Memperkirakan BB ternak 2.

Untuk melakukan penilaian terhadap hasil karkas, perlu dipelajari dan diketahui terlebih dahulu tentang pembagian karkas Sapi. Langkah-langkah penggunaan timbangan injak digital yaitu: Tinggi Pundak, tinggi gumba ialah jarak tegak lurus dari titik tertinggi pundak sampai ketanah atau lantai, alat yang digunakan adalah tongkat ukur.

Hasilnya, Rumus Scheiffer dan Rumus Lambourne ternyata lebih mendekati bobot badan sebenarnya pada sapi, domba, dan kambing.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas. Fungsi hold ini adalah untuk menahan atau mengunci berat ternak yang ditimbang 2. Berikan tali pengaman pada batang dacin agar tidak menciderai pengukur saat melakukan penimbangan.

Sapi dengan skor tubuh 3iga pendek sulit untuk dirasakan, pangkal ekor mulai gemuk, dan kantong pelir sudah mulai terisi. Timbangan digital terdiri dari dua peralatan yang sangat penting, yaitu: Berikut ini adalah rumus yang di gunakan: Penilaian tersebut dilakukan pada setiap individu ternak sapi yang akan dipilih dengan cara mengisihkan skor yang sesuai dengan penilaian melalui pengamatan, pandangan dan perabaan.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Tumbuh - kembang dipengaruhi oleh faktor genetik, pakan, jenis kelamin, hormon, lingkungan dan manajemen. Kadarsih menyatakan bahwa ukuran linear tubuh yang dapat dipakai dalam memprediksi produktivitas sapi antara lain panjang badan, tinggi badan, lingkar dada.

Tunggu sampai angka pada timbangan berhenti berkedip dan menunjukkan angka tertentu. Dalam dada. Pada perusahaan peternakan yang mempunyai populasi ternak banyak tidak menjadi masalah untuk membeli timbangan ternak.

Lingkaran yang diukur tepat pada akhir sudut bibir, ialah pada batas antara kepala dan moncong. Posisikan bandul geser pada angka nol.

Sebab-sebabnya antara lain: Lingkar dada. Tinggi kemudi, jarak tegak lurus dari os sacrum sacraletepat melalui tengah- tengah tulang ilium sampai ke tanah.Pendugaan berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Average Daily Gain (ADG) atau rata-rata pertambahan berat badan harian ternak adalah besarnya pertambahan berat badan yang dipengaruhi oleh besarnya selisih antara berat badan awal dan berat badan Author: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Tilik ternak digunakan salah satunya untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan untuk menentukan pekiraan bobot (berat) badan suatu ternak tersebut. dalam hal ini tilik ternak pada sapi dilakukan dengan cara mengukur bagian – bagian tertentu pada tubuh sapi tersebut.

Pengukuran berat badan bayi dapat dilakukan dengan menggunakan Baby Scale. Adapun cara pengukurannya yaitu sebagai berikut: Letakkan alat pada permukaan yang rata/bidang datar.

Ø Melakukan pengukuran yang tepat pada saat pengukuran panjang badan dan lingkar dada, untuk menduga berat ternak sapi. Ø Peternak yang mau membeli sapi, sebaiknya melihat cirri-ciri eksterior sapi terlebih dahulu dengan tujuan kemampuan produksi sapi.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.(Hasnudi.

).

Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak
Rated 3/5 based on 43 review